Ingin Menerapkan Sistem Manajemen Mutu, Badilag Pelajari ISO 9001:2015



Ingin Menerapkan Sistem Manajemen Mutu, Badilag Pelajari ISO 9001:2015

Hermansyah 13 Feb 2016

Meski rapat kerja merupakan rutinitas yang diselenggarakan Ditjen Badilag tiap awal tahun, raker yang berlangsung di Bandung (25-29/1/2016) kali ini terasa berbeda.

Biasanya, Badilag menggunakan forum raker untuk mengevaluasi kinerja tahun sebelumnya sekaligus membahas rencana kinerja ke depan.

Kali ini, raker difokuskan pada pengenalan ISO 9001:2015 yang dikaitkan dengan pelaksanaan reformasi birokrasi. Karena itu, Badilag mengusung tema “Dengan rapat kerja, kita efektifkan pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan Ditjen Badilag”.

“Kita setting berbeda dari tahun lalu. Kita tidak akan membahas berbagai persoalan program kerja yang lalu maupun yang akan datang. Itu kita bahas di kantor, di eselon dua masing-masing, sesuai anggaran masing-masing,” ujar Sekretaris Ditjen Badilag H. Tukiran, S.H., M.H. ketika memberi sambutan, sebelum membuka kegiatan ini.

Tujuan yang hendak dicapai Badilag ialah terwujudnya pelayanan prima, baik untuk pihak internal maupun eksternal. Untuk itu, diperlukan pegawai yang baik dan profesional.

Menurut Sekditjen Badilag, jika ingin profesional, setiap pegawai harus merealisasikan kebijakan-kebijakan lembaga. “Tidak terlalu mengharapkan imbalan materiil,” ujarnya.

Berikutnya, profesionalitas dilandasi oleh kemahiran teknis yang dilalui melalui pendidikan yang panjang.

“Mengingat pentingnya kita jadi karyawan yang baik menuju profesionalitas, kita perlu meningkatkan diri melalui belajar, belajar dan terus belajar,” tuturnya.

Saat ini, yang perlu dipelajari oleh para pegawai Badilag adalah sistem manajemen mutu atau ISO 9001:2015.

Selain itu, seorang pegawai yang profesional harus mentaati kode etik dan perilaku yang berlaku.

“Regulasi-regulasi yang mengikat kita selaku aparatur menjadi pengontrol kita dalam melaksanakan tugas masing-masing,” Sekditjen Badilag mengingatkan.

Raker kali ini diikuti oleh 52 orang, mulai dari para pejabat eselon II, eselon III, dan eselon IV, hingga para pelaksana.

Badilag mengundang Wawan Widiatmoko,ST,M.Psi, konsultan dari PT KOKEK, untuk memberi materi tentang ISO 9001:2015.


Bagikan artikel ini :

Sign up for good news emails

Stay current with our latest insights